Popular Post

Posted by : Unknown 22 Februari, 2015


Cara membuat validasi data dan menyimpan menggunakan password pada aplikasi pengolah angka


Ohayou gozaimasu.
Hai sobat excelers, ketemu lagi dengan saya. Kali ini saya akan mencoba membantu sobat-sobat sekalian tentang Cara membuat validasi data dan menyimpan menggunakan password pada aplikasi pengolah angka. Bagi sobat Excelers yang belum mengetahui tentang itu maupun yang sudah master(mungkin melebihi saya yang newbie :v), yuk kita langsung menuju ke lapangan, eh ke postingan :D.

Cara membuat validasi data

Nah yang pertama ini akan saya kasih santapan cara membuat validasi data. Validasi data itu apa sih ? Saya juga gak terlalu tau pengertianya, tapi yang jelas ini buat ngasih peringatan kalo kita masukin datanya keluar dari batasannya atau bahasa kerennya sih datanya keluar dari range yang ditentukan. Nah gak usah lama-lama, langsung aja kita menuju ke step by step nya.
1. Buka Ms. Excel, (Iya lah pasti TS nya gimana sih ?)
2. Ketiklah seperti gambar dibawah ini, nama sama sekolah isi sesukamu aja sobat, tapi kolom umur jangan diisi dulu yah.
3. Lalu blok kolom umur.
4. Klik menu Data ==> Data Validation
5. Lalu atur seperti gambar dibawah ini. A itu nunjukin batas bawah rangenya, sedangkan kalo B itu nunjukin batas atas rangenya.
6. Lalu pindah ke Tab Input Message. Nah data atau tulisan pada tab title dan Input message ini, adalah yang akan keluar kalo kita klik sel yang telah kita blok.
7. Lalu isi kaya  dibawah ini, tapi title sama input messagenya diganti juga gak papa, sobat.
8. Nah pindah lagi ke Tab Error Alert. Lalu pilih stylenya kaya dibawah ini. Data di Tab ini akan nongol kalo kita memasukkan datanya diluar range yang udah kita tentuin tadi.
9. Setelah itu isi kaya dibawah ini, atau terserah sobat. Klik OK
10. Lalu coba test kalo ngisi umurnya keluar dari range maka akan muncul kaya gini.
Nah Santapan atau hidangan pertama udah habis nih, lezat gak ? hehe :D. Langsung aja menuju ke hidangan berikutnya.

Cara menyimpan dengan password

Nah inilah materi ke dua yang akan kita pelajari, yaitu Cara menyimpan dengan password. Menurut saya materi kedua ini sangat bermanfaat bagi sobat-sobat yang gak mau ada yang ngubah atau membuka file excel sobat. Nah ini lah langkahnya. Eits, tunggu sebentar, kita masih pakai worksheet yang tadi aja, kan belum disimpan. Nah sekarang udah siap nih, cekidot.
1. Klik menu File ==> Save
2. Lalu isi File name sesuai isi hati sobat (idih bahas isi hati :v), lalu ekstensi nya pake aja yang kaya dibawah ini, biar bisa dibuka di excel sebelumnya juga. Nah kita menuju ke Tool ==> General Option
3. Bakal muncul kotak dialog kaya gini. Nah Password to Open itu password yang dibutuhkan buat buka file kita, tapi kalo yang password to Modify itu buat ngedit file kita. Isi password nya sesuka sobat aja.
4. Lalu muncul lagi yang kaya gini. Isi dengan password to open yang tadi sobat tulis, eh ketik maksudnya.
5. Nah ini lagi kok mirip ?. Santai sobat ini dan yang tadi itu serupa tapi tak beda. Loh kok ada yang aneh ya?. Eh maksudnya serupa tapi tak sama. Pada kotak ini isi pake password to modify punya sobat.
6. Klik ok. Lalu Save.

Nah semua hidangan kali ini udah saya hidangkan, nah semoga informasi ini berguna bagi sobat excelers. Nah kalo ingin tau cara mengatur tampilan pada excel silahkan kunjungi Pengaturan tampilan lembar kerja pada aplikasi pengolah angka. Nah sempai ketemu di postingan-postingan selanjutnya sobat. Ja mata ne ( Sampai ketemu lagi ).

{ 1 coretan... read them below or add one }

  1. citizen eco drive titanium watch - iTaniumArts
    citizen eco drive titanium watch. titanium rod in leg 00. 4 2014 ford focus titanium hatchback years ago. $150 USD. 4 years titanium ingot ago. €250 USD. 45 days ago. €300 USD. 46 days ago. blue titanium €30 USD. 15 days ago. microtouch solo titanium $20 USD. 45 days ago. $20 USD. 15 days ago.

    BalasHapus

Blogger Pemalang. Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Blogger Pemalang - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -